Media Dakwah dan Informasi

Jumat, 15 Januari 2016

Inilah 5 Sebab Doa Kita Tidak di Kabulkan

Ada berbagai penyebab do’a kami tak dikabulkan oleh Allah s.w.t. Berikut ini berbagai di antaranya:


Pertama, do’a kami tak dijawab oleh Allah s.w.t sebab dosa kita. Ada hadist dari Rasulullah s.a.w dalam Sahih Muslim yang mengisahkan mengenai seseorang yang memperoleh rezeki dari jalan yang tak halal. Sebab dosa itulah, maka do’anya tak dikabulkan oleh Allah.

Kedua, kami mungkin meminta sesuatu yang haram. Umpama apabila kami berdo’a supaya dijadikan orang kaya jadi bisa menghamburkan uang untuk berjudi, kemungkinan do’a kami tak dikabulkan Allah. Ini dikarenakan kasih sayang Allah s.w.t terhadap kita. Dirinya melindungi kami dari dosa berjudi itu, sebabnya Allah tak mengabulkan do’a kita.

Ketiga, Allah s.w.t tahu bahwa apa yang kami minta sebetulnya tak baik. Kami mungkin berpikir bahwa apa yang kami minta itu baik, tapi Allah dengan kebijaksanaan-Nya tahu bahwa itu tak baik untuk kita. Umpama, kami berdo’a supaya bisa menikah dengan seseorang, tapi Allah tahu bahwa pernikahan ini sebetulnya tak baik bagi kita, sebab apabila kami melamar orang tersebut, maka rumah tangga kami bakal hancur sebab ketidaktepatan sifat dengan pasangan kita, serta ujung-ujungnya kami malah bercerai. Oleh sebabnya Allah tak mengabulkan do’a kita.

Keempat, Allah s.w.t sudah menyiapkan sesuatu yang lebih baik untuk kami di akhirat. Artinya, Allah s.w.t mungkin tak mengabulkan do’a kami sebab Allah s.w.t ingin memberbagi pahala yang jauh lebih baik bagi kami di akhirat.
.
Kelima, mungkin saja do’a kami masih dikabulkan tapi hanya ditunda. Serta Allah s.w.t menunda do’a kami sebab argumen tertentu. Umpama Allah s.w.t tahu bahwa ketika kami dengan cara konsisten berdo’a, maka kami terus dekat terhadap Allah. Sebabnya Allah s.w.t ingin supaya kami terus dekat kepada-Nya.

Alasan lain kenapa do’a kami ditunda mungkin sebab Allah s.w.t sedang menguji kita. Semacam yang disabdakan Rasulullah s.a.w bahwa ketika Allah mencintai seseorang, maka Allah bakal menguji orang tersebut. Apabila orang tersebut bersabar atas ujian yang dideritanya, maka Allah bakal meninggikan derajatnya serta memuliakannya. Jadi ketika kami tertimpa sebuahmusibah serta kami merasa tak menemukan jalan keluar, berprasangka baiklah terhadap Allah. Anggaplah ujian ini sebagai peluang untuk lebih mendekatkan diri terhadap Allah s.w.t

Wallahu’alam, semoga postingan ini berguna, insya Allah

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 5 Sebab Doa Kita Tidak di Kabulkan

0 komentar:

Posting Komentar